:: Menu Utama ::

Home
Editorial
Berita
Kajian Kitab Kuning
Direktori Pesantren
Wacana
Wawancara
Tokoh Pesantren
Beasiswa Pesantren
Gallery
Redaksi
Links
Download

:: Editorial ::

Merayakan Kemerdekaan

Idul Fitri tahun ini terasa istimewa karena pelaksanaannya hampir bersamaan dengan peringatan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-67. Ada beberapa hal yang membuat perayaan idul fitri ini terasa istimewa. Pertama, pesan kemenangan. Jika kemerdekaan adalah puncak kemenangan dari sebuah perjuangan mengangkat senjata, maka idul fitri adalah puncak kemenangan setelah sebulan bertarung menaklukkan godaan-godaan duniawi.

Read more...
 

:: Tokoh Pesantren ::

"Penerus Tradisi Penghafalan Al-Quran"

Image
K.H. Abdul Rozaq Shofawi

 Ia anak saudagar batik, tapi gaya hidupnya sederhana dan dermawan. Tarekatnya pun sederhana: sangat peduli pada masalah halal-haram.
 
Solo, 1985. Sudah lebih dari seminggu isu penjualan daging ayam –yang disembelih tidak Islami - merebak di tengah masyarakat, dan meresahkan umat Islam. Apalagi ketika itu hampir semua ayam potong yang dijual di pasar hanya berasal dari satu atau dua agen. Kegelisahan yang sama juga mengusik seorang kiai pengasuh sebuah pesantren di Kota Bengawan itu. Tak tinggal diam, ia segera bertindak. Setiap pukul dua dinihari, mengenakan pakaian seperti orang kebanyakan, ia melamar bekerja di agen pemotongan ayam. Dua jam kemudian ia kembali ke pesantren menjadi imam shalat Subuh.

Read more...
 
Berita
Santri Tidak Hanya Menguasai Kitab Kuning Saja PDF Print
Sabtu, 06 Desember 2008
Banjarmasin (www.pondokpesantren.net) – “Mengingat kemajuan teknologi yang demikian pesat, maka para santri seharusnya tidak hanya mememiliki kemampuan di dalam memahami kitab kuning, akan tetapi juga harus memiliki kemampuan bidang-bidang yang lain sehingga dengan kemampunnya tersebut bisa memberikan manfaat kepada lebih banyak orang”. Demikian dikatakan Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama, Prof. Dr. Muhammad Ali, MA, dalam sambutan penutupan MQK Nasional III di Banjarmasin (4/1208).

Read more...
 
MQK Nasioanal III Resmi di Tutup PDF Print
Sabtu, 06 Desember 2008
Banjarmasin (www.pondokpesantren.net) – Setelah digelar selama 4 hari (1-4/12/08) akhirnya MQK Nasional III di Banjarmasin resmi ditutup oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H. Rudy Arifin di halaman Pondok Pesantren Al Falah Banjarbaru Banjarmasin (5/12/08).

Read more...
 
Pengumuman MQK Nasional III di Banjarmasin PDF Print
Kamis, 04 Desember 2008
Banjarmasin (wwww.pondokpesantren.net) - Setelah bermusabaqah selama 3 (tiga) hari (2-4/12/08), akhirnya 530 peserta Musabaqah, para official, pendamping, serta masyarakat bernafas lega dikarenakan dewan hakim MQK Nasional III telah memberikan nilai kepada para peserta musabaqah secara transparan.

Sebagaimana diketahui sebelumnya bahwa sistem penilaian yang dilaksanakan pada MQK Nasional III di Banjarmasin kali ini sudah menggunakan perangkat IT (information technology) sehingga dari babak penyisihan sampai final sudah dapat diakses secara umum.

Read more...
 
Kontekstualisasi Kitab Kuning di Era Global PDF Print
Rabu, 03 Desember 2008
Banjarmasin (www.pondokpesantren.net) - ”Budaya kitab kuning yang menguasai pesantren, ternyata bisa diterapkan ditengah-tengah kehidupan masyarakat modern ini”. Demikian dikatakan Prof. Dr. KH. Tolchah Hasan, MA, Mantan Menteri Agama RI dalam sarasehan ”Memperkuat Kelembagaan MQK, Membangun Tradisi Keilmuan Pesantren” pada acara MQK Nasioanl III di Banjarmasi Kalimantan Selatan (2/1208).

Read more...
 
MQK Nasional III Resmi di Gelar PDF Print
Selasa, 02 Desember 2008
Banjarmasin (www.pondokpesantren.net)  - Hari Senin pukul 14.30 Wita, 01 Desember 2008 MQK Nasional III resmi dibuka oleh Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Drs H. Suryadharma Ali M. Si.

Read more...
 
<< Start < Prev 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 Next > End >>

Results 91 - 95 of 126

:: Agenda ::



SELAMAT DATANG
di
www.pondokpesantren.net

"Media Pemberdayaan Pendidikan
Agama dan Keagamaan"

====()====
 
SELAMAT DATANG
di
www.pondokpesantren.net

"Media Pemberdayaan Pendidikan
Agama dan Keagamaan"






ss
ss

:: Kajian Kitab Kuning ::


Image
Kitab at-Tauhid

Dalam ranah Ilmu Kalam, al-Maturidi adalah nama yang sudah tidak asing lagi. Ia adalah pendiri aliran Maturidiyyah yang diketegorikan sebagai representasi teologi ahli sunnah, di samping Asy’ariyyah yang digawangi Abu al-Hasan al-Asy’ari. Al-Maturidi dikenal sebagai seorang teolog, dan faqih dari Madzhab Hanafi, bahkan seorang ahli tafsir.   

Nama lengkap al-Maturidi adalah Abu Manshur Muhammad bin Muhammad bin Mahmud al-Maturidi. Ia dilahirkan di Maturid, sebuah desa (qaryah) yang masuk ke dalam wilayah Samarqand. Ia acap kali dijuluki Imam al-Mutakallimin (Imam Para Teolog) dan masih banyak lagi yang kesemuanya menunjukkan kelas intelektual dan jihadnya dalam membela sunnah, akidah, dan menghidupkan syari’at Islam.

Read more...
 
 

© 2014 Pondok Pesantren