:: Menu Utama ::

Home
Editorial
Berita
Kajian Kitab Kuning
Direktori Pesantren
Wacana
Wawancara
Tokoh Pesantren
Beasiswa Pesantren
Gallery
Redaksi
Links
Download

:: Editorial ::

Merayakan Kemerdekaan

Idul Fitri tahun ini terasa istimewa karena pelaksanaannya hampir bersamaan dengan peringatan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-67. Ada beberapa hal yang membuat perayaan idul fitri ini terasa istimewa. Pertama, pesan kemenangan. Jika kemerdekaan adalah puncak kemenangan dari sebuah perjuangan mengangkat senjata, maka idul fitri adalah puncak kemenangan setelah sebulan bertarung menaklukkan godaan-godaan duniawi.

Read more...
 

:: Tokoh Pesantren ::

"Penerus Tradisi Penghafalan Al-Quran"

Image
K.H. Abdul Rozaq Shofawi

 Ia anak saudagar batik, tapi gaya hidupnya sederhana dan dermawan. Tarekatnya pun sederhana: sangat peduli pada masalah halal-haram.
 
Solo, 1985. Sudah lebih dari seminggu isu penjualan daging ayam –yang disembelih tidak Islami - merebak di tengah masyarakat, dan meresahkan umat Islam. Apalagi ketika itu hampir semua ayam potong yang dijual di pasar hanya berasal dari satu atau dua agen. Kegelisahan yang sama juga mengusik seorang kiai pengasuh sebuah pesantren di Kota Bengawan itu. Tak tinggal diam, ia segera bertindak. Setiap pukul dua dinihari, mengenakan pakaian seperti orang kebanyakan, ia melamar bekerja di agen pemotongan ayam. Dua jam kemudian ia kembali ke pesantren menjadi imam shalat Subuh.

Read more...
 
Direktori Pesantren
Asrama Perguruan Islam Magelang PDF Print
Selasa, 16 Desember 2008
Image

Kekejaman Belanda semasa perang kemerdekaan II tahun 1948-1949 sangat dirasakan oleh segenap santri dan pengasuh Pondok Pesantren Tegalrejo ini. Bangunan-bangunan pesantren yang ada beserta kitab-kitab milik para pengasuh, pada tahun 1948 dirusak dan dibakar oleh Belanda. Akibatnya, selama satu tahun penuh sejak peristiwa itu, kegiatan PP Tegalrejo mengalami fathrah (vakum), tanpa kegiatan. Baru pada tahun 1950, oleh KH Chudlori bin Ichsan, menantu KH Dalhar, pimpinan PP Watucongol, Muntilan, Kabupaten Magelang, PP Tegalrejo dibangun lagi. Pesantren ini telah banyak melahirkan alumni yang menjadi tokoh masyarakat. KH Abdurahman Wahid, mantan ketua Tanfidziyah PBNU dan menantu Presiden RI, tercatat sebagai salah seorang alumni Pesantren ini.


Read more...
 
Pondok Pesantren Darul Falah PDF Print
Rabu, 03 Desember 2008
Image

Penggembleng santri dalam  Membaca Arab Gundul   
Pondok Pesantren Darul Falah terletak di desa Sidorejo Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Tepatnya di desa Sidorejo RT 03/12 Bangsri, kira-kira 20 km sebelah utara kota Jepara. Secara geografis, keberadaan pondok masuk dalam jalur jalan raya Jepara – Pati.

Read more...
 
Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin PDF Print
Jumat, 28 November 2008
Image
 
Rembang sebuah kota di pantai utara Jawa Tengah. Kota ini menjadi populer karena di sinilah gerakan emansipasi perempuan dimulai, oleh RA Kartini. Namun, di samping terkenal sebagai cikal bakal gerakan emansipasi perempuan, sebenarnya kota ini sarat dengan nilai-nilai religius. Meski bukan menjadi satu-satunya barometer religiusitas, beberapa pondok pesantren yang tumbuh dan berkembang di sana menjadi isyarat bahwa kota ini pernah menjadi pusat pengembangan Islam.

Read more...
 
Pondok Pesantren Daarul Rahman PDF Print
Kamis, 06 November 2008

Image

Kesejukan di Jantung Jakarta
Posisi Pondok Pesantren berada di pusat bisnis Sudirman ini bukan hanya memberikan nilai strategis kepada Pondok Pesantren, itulah nilai tambah Pondok Pesantren Daarul Rahman yang berada di Kota metropolitan DKI Jakarta yang kebetulan juga beralamat di Jl. Senopati Dalam II No. 35 A Kebayoran baru Jakarta Selatan.

Read more...
 
Ponpes Manba’ul Falah Pekalongan PDF Print
Rabu, 22 Oktober 2008
Image
 
Pesantren Spesialis Ilmu Nahwu
Di kawasan pesisir Pantai Utara Jawa (Pantura) Perkembangan Agama Islam telah dimulai sejak mendaratnya para Gujarat di kawasan pesisir di samping untuk berdagang juga sekaligus menyebarkan agama Islam. Hal ini ditandai dengan munculnya sembilan wali atau Walisongo sebagai juru penyebar agama Islam yang kebanyakan di daerah pesisir Pantai Utara Jawa seperti Surabaya, Gresik, Lamongan, Tuban, Kudus, Demak dan Cirebon. Maka tak mengherankan, jika perkembangan Islam di daerah pesisir lebih menonjol dibanding di kawasan pedalaman pulau Jawa.
 
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 Next > End >>

Results 19 - 27 of 28

:: Agenda ::



SELAMAT DATANG
di
www.pondokpesantren.net

"Media Pemberdayaan Pendidikan
Agama dan Keagamaan"

====()====
 
SELAMAT DATANG
di
www.pondokpesantren.net

"Media Pemberdayaan Pendidikan
Agama dan Keagamaan"






ss
ss

:: Kajian Kitab Kuning ::


Image
Kitab at-Tauhid

Dalam ranah Ilmu Kalam, al-Maturidi adalah nama yang sudah tidak asing lagi. Ia adalah pendiri aliran Maturidiyyah yang diketegorikan sebagai representasi teologi ahli sunnah, di samping Asy’ariyyah yang digawangi Abu al-Hasan al-Asy’ari. Al-Maturidi dikenal sebagai seorang teolog, dan faqih dari Madzhab Hanafi, bahkan seorang ahli tafsir.   

Nama lengkap al-Maturidi adalah Abu Manshur Muhammad bin Muhammad bin Mahmud al-Maturidi. Ia dilahirkan di Maturid, sebuah desa (qaryah) yang masuk ke dalam wilayah Samarqand. Ia acap kali dijuluki Imam al-Mutakallimin (Imam Para Teolog) dan masih banyak lagi yang kesemuanya menunjukkan kelas intelektual dan jihadnya dalam membela sunnah, akidah, dan menghidupkan syari’at Islam.

Read more...
 
 

© 2014 Pondok Pesantren